Status

hoax

HOAX

  1. Satu saja “klik share” berita bohong bisa mengakibatkan keracunan berita buruk bagi orang lain pengeklik tombol berita buruk itu.
  2. Keracunan berita buruk ini bisa mengakibatkan gangguan kecil hingga gangguan yang besar; besar-kecilnya gangguan berita buruk tergantung pada kekebalan psikis masing-masing pengeklik terhadap serangan racun berita bohong.
  3. Kesedihan yang konyol, kekhawatiran yang keliru, kebencian yang sia-sia, kemarahan yang tidak berdasar, hingga gerakan-gerakan masal untuk menentang sesuatu yang, konyolnya, sesungguhnya tidak ada, bisa merupakan salah satu indikasi serangan racun berita bohong tersebut.
  4. Virus Hoak lebih berbahaya daripada virus influenza. Virus Influenza hanya bisa menyerang tubuh tetapi Virus Hoak bisa menyerang jiwa.
  5. Menyebar hoax tanpa sengaja bisa mengakibatkan orang lain tidak merasa, padahal, menderita suatu gangguan.
  6. Saya kira sungguh penting untuk mengecek sumber berita Media Online-nya sebelum mempercayai suatu berita kemudian menyebarkannya dengan yakin bahwa berita itu benar adanya. Klik TENTANG KAMI sebelum klik TOMBOL SHARE
  7. Media yang tidak abal-abal alias serius biasanya menunjukkan dengan jelas pengelolanya:SUSUNAN REDAKSI, KONTRIBUTORNYA . 
  8. Mereka juga memuat pernyataan tentang bagaimana pertanggungjawaban seluruh artikel yang   diterbitkan dalam Media Online tersebut.

Tiga gambar di dalam catatan ini adalah yang saya maksud dengan poin nomor 6, 7, dan 8. Dengan memasang tiga gambar tersebut, saya tidak menyatakan bahwa saya penggemar Media Online tersebut. Eh, tergambar.

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s