Berpelukan Itu Sama dengan Berkarya

Setiap makhluk hidup mempunyai kesukaannya sendiri-sendiri. Dan saya merasa diciptakan sebagai manusia yang suka berkarya.

Saya sedang iseng sendiri, memikirkan apakah berpelukan itu termasuk dalam kategori berkarya.

Mungkin, karena saya suka berkarya, tanpa sadar, pikiran saya telah ditarik-tarik untuk mengaitkan “berpelukan” dengan “berkarya”. Eh, tapi bisa jadi, yang sebenarnya terjadi justru sebaliknya.

Saya sedang percaya bahwa ketika kita berpelukan, kita pun sedang berkarya, berkarya bersama.

Berkarya bersama adalah membuat suatu karya secara bersama-sama.
Jika benar bahwa berpelukan itu adalah membuat suatu karya secara bersama-sama, semestinya ada hasil karya dari berpelukan.

Lantas apakah apakah hasil karya dari sebuah berpelukan?

Hasil dari berpelukan minimal ada tiga, menurut saya, yang pertama adalah kesenangan, yang kedua adalah kangen, yang ketiga adalah kenangan. Anda boleh mengganti huruf “s” pada kata kesenangan dengan huruf “t”

Semua hasil karya bersama kita ketika itu (ketiga-tiganya) bisa saya rasakan hasil/buahnya.

Sekarang ini, saya sedang betul-betul merasakan buah/hasil karya yang kedua dari berpelukan.

Begitulah, menurut saya, berpelukan adalah berkarya secara bersama-sama dengan hasil yang bisa dinikmati secara bersama-sama maupun secara sendiri-sendiri.

Baik-buruk hasil karya serta dampaknya sangatlah ditentukan oleh bagaimana prosesnya serta, sebelumnya, apakah niatnya.

Karena saya yakin bahwa berpelukan sama dengan berkarya, saya melakukannya secara sungguh-sungguh serta niat tulus, supaya hasilnya baiknya bisa dirasakan oleh orang yang saya peluk dan oleh saya sendiri pada saat itu juga sampai pada saat nanti.

Demikian juga, menurut saya, perihal menulis puisi. Menulis puisi itu seperti berpelukan dengan kata-kata.

Tinggalkan Komentar

